Selasa, 19 Juli 2011

rpp Ips berkrakter kelas 8 MTs


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP/MTs                                :   MTS NURUL FALAH CIMAHI
Mata Pelajaran                        :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas / Semester                      :  VIII / 1
Standar Kompetensi               :  1.      Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi dasar                   : 1.1.  Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan  penduduk            
Indikator                                 :  -     Menunjukkan letak geografis, (letak geografis, astro
                                                         nomis dan geologis).Indonesia.
                                                   -.   Menganalisis hubungan posisi geografis dengan peru
                                                         Bahan musim dan perbedaan waktu.
-          Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan mu-
-          Sim dan menentukan bulan berangsungnya musim hujan dan kemarau di wilayah Indonesia.
-          Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asiatis, Peralaihan dan Australis serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Webber
-          Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemenfaatannya di Indonesia

Alokasi waktu                         : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :

Pertemuan I       
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat :
     1.  Menunjukkan letak geografis, astronomis dan geologis wilayah Indonesia dengan memiliki rasa ingin tahu dan kreatif  yang tinggi.
     2.  Mengembangkan kreatifitas siswa dalam mencari hubungan posisi geogafis dengan perubahan musim.
     3.  Memiliki rasa ingin tahu dan mandiri dalam menganalisis hubungan posisi geografis dengan perbedaan waktu.
     4.  Memiliki rasa ingin tahu dan peduli lingkungan dalam menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah  Indonesia.



Pertemuan II
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat :
     1.  Memiliki rasa ingin tahu dan kreatif dalam mengidentifikai persebaran flora dan fauna tipe Asiatis, Peralihan dan Australis pada peta.

Pertemuan III
Setelah selesai pembelajaran kegiatan pembelajaran melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat :
     1.  Memiliki rasa ingin tahu dan kreatif dalam mengidentifikasi persebaran jenis tanah di Indonesia pada peta persebaran jenis tanah melalui pengamatan.
     2.  Mendeskripsikan pemanfaatan jenis – jenis tanah dengan mandiri dan inovatif.
       

B. Materi Pembelajaran
1. Letak dan posisi Indonesia.
    Letak astronomis : 6 0 LU – 11 0 LS da 94 0 BT – 141 0 BT dan posisi secara   geografis terletak antara dua samudra ( pasifik dan Hindia ) dan dua benua ( Asia dan Australia ).  
2. Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia. Letak geografis kaitan dengan iklim Indonesia yang berada di daerah tropis yang ditandai dengan temperatur udara yang tinggi serta curah hujan yang dipengaruhi oleh perubahan musim ( perubahan arah angin ) . semakin dekat ke Benua Asia, curah hujan semakin tinggi dan semakin dekat Benua Australia curah hujan semakin sedikit. Letak Indonesia dari garis bujur tersebut menyebabkan Indonesia terdiri dari tia daerah waktu, yaitu : WIB, WITA, dan WIT.
3. Musim di wilayah Indonesia sangat dipengaruhi oleh letak wilayah kita dalam garis lintang dan terdapat dua musim ( yang dipengaruhi oleh angin muson )  yaitu angina musim timur dan angina musim barat..
4. Flora dan Fauna di Indonesia. Faktor yang mempengaruhi flora dan fauna di Indonesia adalah iklim, tanah,  dan relief tanah. Jenis Flora yang tersebar di Indonesia antara lain : hutan tropis / heterogen yang banyak mendapat curah hujan sepanjang tahun yang terpadat di daerak :  Kalimantan, Sumatra, dan Irian; hutan musim/ homogen ( hutan jati, cemara, dan hutan pinus ) yang banyak terdapat di Indonesia bagian tengah;  stepa/ padang rumput, banyak terdapat di daerah yang curah hujan sedikit dan biasanya ada di daerah Sumba, Sumbawa, Flores, dan Timor; Sabana/ padang rumput yag cukup luas yang diselingi semak-semak/pohon-pohon yang terdapat di daerah suhu udara panas ( NTT, NTB, Madura, dan Aceh; dan  Padang lumut  yang terdapat di daerah dingin/ puncak gunung, misalnya puncak Jayawijaya.
5. Persebaran jenis tanah di Indonesia. Jenis tanah di Indonesia antara lain : tanah alluvial/endapan yang banyak dijumpai di pulau Jawa bagian utara, kalaimantan barat, kalsel, dan Sumatera bagian timur; tanaha vulkanis, tanaha letusan gunung berapi yang sangat subur yang terdapat di daerah Pulau Jawa bagian ugian utara, Bali, P. Lombok, Kalsel, dan Sumatra; tanah litosol, tanah berbatu yang hanya ditumbuhi rumput liar dan banyak terdapat di sleuruh wilayah Indonesia; tanah laterit, berwarna merah dan tidak subur, banyak terdapat di Kalbar, Lampung, Sulteng, dan Banten; tanah gambut, yang merupakan tanah dari tumbuhan rawa yang membusuk dan kurang subur, banyak terdapat di Sumatra, Kalimantan, dan Papua; tanah mergel, tanah yang terdiri dari batu kapur, pasir dan tanah, yang di lereng pegunungan. Tanah ini banyak dijumpai di Jawa timur ( Kediri dan Madiun) dan Nusa Tenggara; tanah regosol, endapan batu vulkanis yang berbitir kasar dan banyak dijumpai di P. Jawa, Nusa Tenggara, Sumatra bagian timur, dan Sumatra bagian barat; dan  tanah kapur /mediteran, tanah ini tidak subur banyak mengandung kapur dan batuan sedimen. Banyak terdapat di daerah Jatim, Jateng, Sulteng, Nusa Tenggara, dan Sumsel.


C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Penugasan


D. Langkah-langkah Pembelajaran


Pertemuan

Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
1
Kegiatan Pendahuluan
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas (peduli lingkungan)
*     Berdoa sebelum Belajar (Religius)
*     Absensi siswa
*     Guru dapat menegakan disiplin siswa dengan menanyakan alasan ketidakhadiran siswa pada pertemuan sebelumnya (bila ada).
*     Apersepsi mengingatkan kembali pelajaran klas VII tentang informasi geografis
*     Motivasi : dengan bercerita tentang musim yang ada di Indonesia dan menanyakan tentang “ apa kaitan musim tersebut dengan
*     Menyampaikan tujuan pembelajaran
5’
Kegiatan Inti : eksplorasi
*     Dengan media peta atau atlas siswa dapat menunjukkan letak geografis dan letak astronomis dan kemudian guru menanyakan kepada siswa’ hubungan letak geografis dan astronomis tersebut dengan pembagian waktu dan perubahan musim ‘
*     Siswa menjawab secara mandiri dan menunjukkan  letak astronomis dan geografis dan ubungan dengan daerah waktu dan perubahan musim sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air.
elaborasi
*     Guru memberi tugas siswa secara kelompok berdua, yang satu siswa membuat peta daerah waktu dan siswa yang satunya membuat perubahan gambar perubahan musim di Indonesia dengan tanggung jawab dan kerjasama.
*     Guru membimbing siswa dalam mengerjakan tugas lebih bersahabat dan komunikatif.
*     Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pekerjaan siswa dan materi yang dibahas dengan demokratis.
65’
Kegiatan akhir : konfirmasi
*     Guru memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa untuk menghargai prestasi siswa.
*     Refleksi dengan mengungkapkan kesan terhadap letak geografis Indonesia dan kaitannya dengan perubahan musim dan perubahan waktu.
*     Memberi tugas untuk mencari gambar flora dan fauna  Indonesia dari internet untuk meningkatkan gemar membaca dan kreatif.
10’
2
Kegiatan pendahuluan :
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas (peduli lingkungan)
*     Berdoa sebelum belajar (religius)
*     Absensi siswa
*     Menanyakan tugas yang diberikan pertemuan sebelumnya
*     Apersepsi dengan menanyakan ‘ siapa yang gemar dengan tanaman hias ? media apa saja yang digunakan untuk menanam tanaman hias tersebut ?
*     Menyampaikan tujuan pembelajaran
5’
Kegiatan Inti :
*     Guru menjelaskan faktor yang mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya flora dan fauna, dan daerah persebaran flora dan fauna di Indonesia dengan menanamkan nilai-nilai peduli lingkungan dan tanggung jawab.
Eksplorasi dan elaborasi
*     Guru memberi tugas terhadap siswa secara kelompok untuk mengelompokkan tugas yang diberikan sebelumnya terhadap persebaran flora dan fauna di Indonesia
*     Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan siswa lain menanggapinya dengan penuh percaya diri
*     Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil diskusi dan memberi kesempatan siswa untuk mencatatnya secara demokratis.
65’
Kegiatan akhir : konfirmasi
*     Guru memberikan penilaian terhadap hasil diskusi
*     Guru menanyakan kembali persebaran flora dan fauna di Indonesia sebagai refleksi
10’
3
Kegiatan pendahuluan :
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas (Peduli lingkungan)
*     Berdoa sebelum belajar (religius)
*     Absensi siswa
*     Apersepsi dengan menanyakan letak geografis Indonesia dan hubunganya dengan daerah pembagian waktu dan perubahan musim (rasa ingin tahu)
*     Motivasi dengan menujukkan tanaman bunga dalam pot dan jenis tanah yang digunakan (Peduli lingkungan)
*     Menjelaskan tujan pembelajaran
5’
Kegiatan inti : eskplorasi dan elaborasi
*     Siswa dengan rasa ingin tahu dan demokratis  mendiskusikan jenis tanah, persebarannya dan kesuburanya dengan kelompoknya.
*     Siswa dengan penuh tanggung jawab dan mandiri dalam mempresentasikan hasil diskusi dan siswa lain menanggapinya.
*     Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi dan kemudian dicatat oleh siswa secara demokratis
konfirmasi
*     Guru memberi kesempatan siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami
*     Guru memberi penilaian hasil diskusi secara jujur dan adil
65’
Kegiatn akhir :
*     Refleksi dengan kesan manfaat tanah bagi kehisdupan manusia
*     Memberikan kuis secara lisan terhadap materi yang dibahas
10’


E. Sumber dan Media Pembelajaran

1.      Peta
2.      Atlas
3.      globe
4.      Vas bunga
5.      Buku IPS Terpadu,  Tim Abdi Guru dari Penerbit Erlangga hal 1-15
6.      Buku IPS Geografi  , P. Ginting,dkk dari penerbit Erlangga hal 1-24

F. Penilaian

  1. Tehnik Penilaian : tes tertulis, tes lisan, dan penugasan
  2. Bentuk Instrumen : Uraian, PG, dan unjukerja
  3. Rubrik Penilaian :
a.       Diskusi
Kelompok
Nama anggota kelompok
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Keaktifan
0-25
Kerjasama
0-25
Sikap
0-25
Penguasaan
Materi
0-25






















b.      Hasil Kerja
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Kerapihan
0-50
Ketepatan
0-50
1




2




3






  1. Instrumen

Indikator
Instrument
Kunci jawaban

Menunjukkan letak geografis (posisi geografis,  astronomi, dan geologi) Indonesia.

Jelaskan letak  geografis wilayah Indonesia !

Letak geografis Indonesia dalam posisi silang antara dua benua ( Asia dan Australia ) dan dua Samudra ( Hindia dan Pasifik )

Skor 0-2

Sebutkan letak Indonesia berdasarkan garis  lintang dan bujur !

Letak garis lintang : 6 0 LU- 11 ) LS
Letak garis bujur : 94 0 BT – 141 0 BT
Skor 0-2



Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan dan perbedaan waktu  di Indonesia
Jelaskan kaitan posisi geografis dengan perubahan musim  dan daerah pembagian waktu di Indonesia !

Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia. Letak geografis kaitan dengan iklim Indonesia yang berada di daerah tropis yang ditandai dengan temperatur udara yang tinggi serta curah hujan yang dipengaruhi oleh perubahan musim ( perubahan arah angin ) . semakin dekat ke Benua Asia, curah hujan semakin tinggi dan semakin dekat Benua Australia curah hujan semakin sedikit. Letak Indonesia dari garis bujur tersebut menyebabkan Indonesia terdiri dari tia daerah waktu, yaitu : WIB, WITA, dan WIT.
Skor 0-4
Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.

Buatlah peta pola angin muson di Indonesia!






Rubric penilaian
Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna  tipe Asia, tipe Australia  serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.

Contoh fauna Asiatis antara lain ….
a.    kuskus dan cendrawasih
b.   badak dan harimau
c.    banteng dan komodo
d.   anoa dan babirusa



B
buatlah peta persebaran flora dan fauna Indonesia !
Rubric penilaian
Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.

Buatlah daftar jenis tanah di Indonesia dan pemanfaatannya dalam diskusi kelompok !
Rubric penilaian

 Pedoman Penilaian = ( Skor PG + Skor essay ) x 10

                                                                                                           Cimahi,   Juli 2010
                                                                                                         Guru Mata Pelajaran



                                                                                                       Yudi Yudiarputra,S.Pd
                                                                                                      NIP. 197105292006041004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP/MTs                                :   MTS NURUL FALAH CIMAHI 
Mata Pelajaran                        :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas / Semester                      :  VIII / 1
Standar Kompetensi               :  1.      Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi dasar                   :  1.2. Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya
                                                          Penanggulanganya
Indikator                                 :
                                   
*     Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran dan kematian dan migrasi)
*     Mendesripsikan arti dan ukuran angka kelahiran dan angka kematian.
*     Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian.
*     Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia
*     Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
*     Menghitung angka perbandingan laki-laki perempuan (sex ratio) dan beban ketergantungan, serta mengartikan angka tersebut.
*     Mengartikan angka Usia Harapan Hidup
*     .Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya
*     .Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel, dan grafik
*     .Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.
*     Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi serta usaha penanggulangannya.

Alokasi Waktu                        :  8 jam pelajaran ( 4 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, peserta didik mampu :
  1. Memiliki rasa ingin  tahu dalam menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
  2. Menjelaskan arti dan ukuran angka kelahiran dengan cerdas
  3. Menjelaskan arti dan ukuran angka kematian cerdas
  4. Mengidentifikasikan faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian sehingga meningkatkan kreatifitas dan menghargai pendapat orang  
  5. Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia  dengan penuh semangat kebangsaan dan kreatif
  6. Menjelaskan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya dengan kreatif dan demokratis
  7. Menghitung angka perbandingan laki-laki perempuan dan beban ketergantungan serta mengartikan angka dengan cerdas dan mandiri
  8. Menjelaskan angka usia harapan hidup agar tercipta rasa ingin tahu yang tinggi.
  9. Mendiskripsikan berbagai dampak ke dalam penduduk dan upaya penanggulanganya dengan kreatif.
  10. Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel, dan grafik secara inovatif.
  11.  Menunjukkan jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya secara komunikatif.
  12.  Menganalisis dampak positif dan negative migrasi serta usaha penanggulanganya untuk memenuhi rasa ingin tahu siswa.

B. Materi Pembelajaran

1.                  Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk : kelahiran, kemtian dan migrasi
2.                  Angka kelahiran  dapat dihitung dengan rumus CBR = B/ p x 1.000. ini artinya rata-rata banyaknya bayi lahir dati tiap 1.000 orang penduduk dalam satu tahun.
angka kematian merupakan rata-rata banyaknya penduduk yang meninggal dari   tiap 1.000 orang penduduk dalam satu tahun. Cara mencarai angka kematian dengan rumus, CDR= D/ P x 1.000.
3.                  Faktor penunjang kelahiran antara lain : kawin muda, pandangan banyak anak banyak rezeki, anak merupakan harapan orang tua, dan anakanak- laki merupakan penerus keturunan sehingga apabila belum memiliki anak aki-laki akan terus memiliki keinginan untuk melahirkan. Faktor penunjang kematian antara lain : rensahnya kesadaran kesehatan, rendahnya gizi, bencana alam, peperangan, dan kecelakaan lalu lintas.
4.                  Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk rata-rata yang menempati wilayah seluas 1 km2. cara menghitung kepadatan penduduk = jumlah penduduk ( jiwa)/ luas wilayah ( km2)
5.                  Piramida penduduk adalah komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin yang ditampikan dalam bentuk piramida. Macam-macam piramida antara lain : bentuk limas ( penduduk usia muda lebih banyak dari usia tua), bentuk granat ( penduduk usia muda hampir sama dengan penduduk usia tua ), dan bentuk batu nisan ( jumlah penduduk usia muda lebih sedikit dari jumlah penduduk usia tua ).
6.                  Sex ratio adalah angka perbandingan yang menunjukkan jumlah penduduk laki-laki dari tiap 100 orang perempuan yang terdapat dalam satu wilayah pada waktu tertentu. Cara menghitung = jumlah penduduk laki-laki/ jumlah penduduk perempuan x 100.  Beban ketergantungan adalah angka yang menunjukkan besarnya perbandingan penduduk antara beban yang ditanggung dengan yang menanggung. Cara menghitungnya = jumlah penduduk usia 0-15 thn+usia 65 tahun ke atas/ jumlah penduduk usia 15-64 tahun x 100.
7.                  Angka usia harapan hidup adalah angka rata-rata jumlah tahun tambahan yang dapat diharapkan oleh seseorang pada umur tertentu untuk dapat hidup terus. Cara menghitungnya= jumlah umur orang yang meninggal pada waktu tertentu/ jumlah orang yang meninggal.
8.                  Ledakan penduduk adalah suatu keadaan kependudukan yang memperlihatkan pertumbuhan yang melonjak naik tajam ( cepat) dalam jangka waktu tertentu.  Upaya mengatasinya antara lain : peruasan lapangan kerja, program KB, intensifikasi bidang pertania, peningkatan kualitas SDM, pengriman TKI, dan trasmigrasi.
9.                  Membuat peta, tabel, dan garfik kependudukan
10.              Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain. Jenis migrasi : migrasi internasional ( imigrasi, emigrasi ), migrasi nasional ( trasmigrasi, urbanisasi ) . Faktor penyebabnya ; faktor ekonomi ( mencari kehidupan yang lebih baik ), keselamatan , keamanan ( karena ada gangguan keamanan ), politik ( perbedaan politik ), social ( tekanan-tekana dari sekitar ), kepetingan pembangunan, pendidikan ( kuliah ), tugas ( pindah tugas ), dan keluarga  ( ada kepentingan ).
11.              Dampak positif ; (1) migrasi internasional : bertambahnya tenaga ahli, tercapainya alih tehnologi, meningkatnya pendapatan Negara, memperkenalkan Negara kepada dunia melalui tenaga kerja, dan bertambahnya rasa solidaritas antar bangsa dan (2) migrasi nasional ; termanfaatkan lahan lahan pertanian, meningkatkan taraf hidup rakyat, berkurangnya pengangguran, terjadintya pemerataan penduduk, dan bertambahnya jumlah produksi. Dampak negative migrasi ; (1) migrasi internasional : masuknya  budaya asing, munculnya kecemburuan social antara tenaga kerja asing dengan dalam negeri, dan buruknya citra Negara. Usaha penanggulan dampak negative migrasi antara lain : membuka lapangan kerja bru, membangun sarana dan prasrana yang menghubungkan desa-kota, menggalakkan kegiatan industri kecil, melaksanakan program regional, dan kmeningkatkan produktivitas pertanian.
C. Metode pembelajaran
  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Tanyajawab
  4. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Kegiatan pembelajaran
Alokasi Waktu
1
Kegiatan Pendahuluan :
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas (peduli lingkungan)
*     Berdoa sebelum Belajar (religius)
*     Absensi siswa (Disiplin)
*     Apersepsi dengan menanyakan tentang berapa jumlah anggota keluarga siswa dan jumlah anggotanya dalam satu RT
*     Motivasi : apa faktor penyebab bertambahnya anggota keluarga ? adakah orang yang meninggal dalam minggu ini di lingkunganya ? yang faktor yang menyebabkannya ?
*     Menjelaskan tujuan pembelajaran
5’
Kegiatan inti : eksplorasi dan elaborasi
*     Guru membentuk kelompok kecil dengan anggota sebanyak 5 orang untuk mendiskusikan materi tentang :
1.      Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk
2.      menghitung angka kelahiran dan angka kematian dan menjelaskan arti dari angka tersebut dengan semangat kerjasama dan tanggung jawab
*     masing-masing kelompok melakukan perentasi dan kelompok lain menanggapinya
konfirmasi
*     guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil diskusi secara demokatis.
*     guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami
*     guru memberikan penilaian hasil diskusi
65’
Kegiatan akhir :
*     refleksi dengan merenungkan keadaan penduduk Indonesia
*     memberikan kuis secara lisan
*     memberikan tugas untuk mencari informasi jumlah penduduk tiap propinsi
10’
2
Kegiatan pendahuluan :
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas (peduli lingkungan)
*     Berdoa sebelum Belajar (religius)
*     Absensi siswa
*     Apersepsi dengan menanyakan tugas yang diberikan pertemuan sebelumnya dan menanyakan faktor penyebab pertumbuhan penduduk
*     Motivasi : adakah kelahiran minggu ini di lingkungan sekitar rumahnya ? faktor penyebabnya ?
*     Menjelaskan tujuan pembelajaran
5’
Kegiatan inti : eksplorasi dan elaborasi
*     Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil tentang ;
  1. faktor yang mendorong dan menghambat kelahiran dan kematian
  2. menghitung tingkat kepadatan pendudukdi tiap propinsi dan pulau di Indonesia dengan semangat kerja sama
*     tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan siswa lain menanggapinya
konfirmasi
*     guru bersama siswa membuat kesimpulan dan kemudian dicatat oleh siswa
*     guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum jelas
*     guru memberikan penilaian hasil diskusi
65’
Kegiatan akhir :
*     memberikan tes secara lisan terhadap materi yang baru dibahas
*     memberi tugas survey jumlah penduduk yang ada di daerahnya lima tahun terkhir
10’
3
Kegiatan pendahuluan :
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas (peduli lingkungan)
*     Berdoa sebelum Belajar (Religius)
*     Absensi siswa (disiplin)
*     Apersepsi dengan menanyakan materi tentang faktor penyebab kelahiran dan kematian
*     Motivasi : apa modal pembangunan suatu bangsa ?
*     Menjelaskan tujuan pembelajaran
5’
Kegiatan inti ; eksplorasi dan elaborasi
*     Siswa secara kelompok membahas materi tentang : sex ratio, angka harapan hidup, dan dampak ledakan penduduk dari lembar komposisi penduduk di Indonesia untuk mengembangkan demokratis dan sikap menghargai pendapat orang lain.
*     Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan siswa lain menanggapinya
konfirmasi
*     Guru bersama siswa membuat kesimpulan secara demokratis.
*     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum jelas
*     Guru memberikan penilaian hasil diskusi secara jujur dan adil
70’
Kegiatan akhir :
*     Guru menanyakan kembali materi yang telah dibahas sebagi refleksi
5’
4
Kegiatan pendahuluan :
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas (peduli lingkungan)
*     Berdoa sebelum Belajar (Religius)
*     Absensi siswa (Disiplin)
*     Apersepsi dengan menanyakan kembali dampak ledakan penduduk di Indonesia
*     Motivasi : adakah kalian memiliki keinginan pindah ke daerah yang lebih padat penduduknya? Apa daya tarik kalian ingin pindah ke daerah itu ?
*     Menjelaskan tujuan pembalajaran secara komunikatif
5’
Kegiatan inti : eksplorasi dan elaborasi
*     Guru membentuk kelompok kecil dan masing-masing siswa memiliki nomor diri untuk membahas materi : macam-macam migrasi, faktor penyebabnya, dampak positif dan negative selama 20 menit
*     Guru bersama siswa melakukan pembahasan materi dengan cara mengocok kelompok dan nomor siswa yang melakukan persentasi dan apabila siswa tersebut tidak dapat mejawab dilemparkan ke siswa lain.
*     Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil diskusi untuk kemudian dicatat oleh siswa secara demokratis
*     Guru menjumlahkan hasil skor yang diperoleh siswa dan mengumumkan siswa yang mendapat skor tertinggi
70’
Kegiatan akhir ;
*     Refleksi dengan menanykan kesan siswa terhadap pembahsan materi dengan model pembelajaran ini
*     Memberikan pertanyaan tentang materi yang dibahas
5’

E. Media dan Sumber Pembelajaran
  1. Daftar keadaan penduduk Indonesia ( jumlah, komposisi, dan tingkat pendidikan )
  2. Peta
  3. Buku IPS Geografi, P.Ginting,dkk dari penerbit Erlangga hal 29-70
  4. Buku IPS Terpadu, karangan Tim Abdi Guru dari penerbit Erlangga hal 25-58

F. Penilaian

  1. Tehnik Penilaian : tes lisan, tertulis, dan pemberian tugas
  2. Bentuk Penilaian : pertanyaan lisan , uraian, produk,  dan unjuk kerja
  3. Rubrik penilaian :
    1. Diskusi
Kelompok
Nama anggota kelompok
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Keaktifan
0-25
Kerjasama
0-25
Sikap
0-25
Penguasaan
Materi
0-25






















Kelompok

Nomor Diri
Jumlah Scor

1
2
3
4
5
6

































































            b. tugas
No
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor/nilai
Kesesuaian tugas
0-50
Kerapihan
0-50
















4. Instrumen
Indikator
Instrumen
Kunci jawaban
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran dan kematian dan migrasi).
Sebutkah 3 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk alami!

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk : kelahiran, kemtian dan migrasi


Skor 0-3
Mendesripsikan arti dan ukuran angka kelahiran dan angka kematian.
Angka kelahira suatu daerah adalah 34, apa artinya?


 Tiap 1000 penduduk lahir 34 bayi

Skor 0-2
Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian
Sebutkat 4 faktor penunjang kelahiran!

Faktor penunjang kelahiran antara lain : kawin muda, pandangan banyak anak banyak rezeki, anak merupakan harapan orang tua, dan anakanak- laki merupakan penerus keturunan sehingga apabila belum memiliki anak aki-laki akan terus memiliki keinginan untuk melahirkan.
Skor 0-4
Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia
Buatlah peta kepadatan penduduk antar propinsi di Indonesia!

Rubrik penilaian
Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.

Jelaskan ciri-ciri piramida penduduk limas dan granat!!

Ciri-ciri piramida limas : bentuknya segitiga, alas piramida lebar, dan semakin runcing menuju puncak piramida
Ciri-ciri piramida granat : bentuknya seperti garanat, menyerupai setengah lingkaran tetapi agak lonjong.
Skor 0-2
Menghitung angka perbandingan laki-laki perempuan (sex ratio) dan beban ketergantungan, serta mengartikan angka tersebut
Jika di suatu daerah jumlah penduduk laki-laki 100 dan jumlah penduduk perempuan 120, berapakah sex rationya?

100/120 x 100 = 83,33, ini artinya dari setiap 100 jiwa penduduk perempuan terdapat 83 jiwa penduduk laki-laki.

Skor 0-2
Mengartikan angka Usia Harapan Hidup.

Angka Usia Harapan Hidup suatu negara adalah 65. Apa artinya?
Usia rata-rata penduduk Indonesia 65 tahun
Skor 0-2
Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.

Jelaskan upaya mengatasi ledakan penduduk!

Upaya mengatasinya antara lain : peruasan lapangan kerja, program KB, intensifikasi bidang pertania, peningkatan kualitas SDM, pengriman TKI, dan trasmigrasi.
Skor 0-4
Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel, dan grafik.
Buatlah grafik perkembangan jumlah penduduk di daerahmu pada tahun 2000 -2005!
pada lima tahun terakhir!
Rubrik penialain
Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.

Carilah data penduduk yang datang dan yang pergi di wilayah Rt mu dari tahun 2000 – 2005.di daerahmu setiap bulan selama satu tahun!

Rubrik penilaian
Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi serta usaha penanggulangannya.
Jelaskan dampak negatif urbanisasi bagi daerah tujuan!


*      Tenaga kerja di desa berkurang
*      Pengangguran dikota semakin bertambah
*      Timbulnya masalah kriminal, kemacetan lalu lintas
*      Harga lahan di kota semakin mahal
Skor 0-2

Pedoman Penilaian ; Nilai = jumlah skor essay  x 4

                                  Cimahi,   Juli 2010
                                                                                                          Guru Mata Pelajaran




                                                                                                          Yudi Yudiarputra,S.Pd
                                                                                                          NIP. 197105292006041004



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SMP/ MTs                               :     MTS NURUL FALAH CIMAHI
Mata Pelajaran                        :     Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS)
Kelas / Semester                      :     VIII /1
Standar Kompetensi               :     1.Memahami Permasalahan sosial  berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar                   :     1.3. Mendiskripsikan Permasalahan Lingkungan Hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan.
Indikator                                 :
*     Mengidentifikasi Unsur unsur Lingkungan ( Unsur unsur Abiotik,unsur Biotik, sosial Budaya )
*     Mengidentifikasi arti penting lingkungan Hidup bagi kehidupan
*     Mengidentifikasi bentuk bentuk kerusakan lingkungan dan faktor faktor penyebabnya
*     .Memberi contoh usaha Pelestaraian lingkungan Hidup
*     Menguraikan hakikat Pembangunan Berkelanjutan
*     Mengidentifikasi ciri ciri Pembangunan Berkelanjutan
*     Mengidentifikasi Penerapan Pembangunan Berkelanjutan.
Alokasi waktu                         ;  8 Jam Pelajaran (  4 kali pertemuan)


A. TUJUAN PEMBELAJARAN ;
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran diharapkan, peserta didik dapat :
  1. Mengidentifikasi Unsur unsur Lingkungan hidup ( unsur abiotik,unsur biotik, sosial budaya) melalui membaca buku sumber dan berdiskusi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan sikap komunikatif.
  2. Menjelaskan arti penting lingkungan bagi kehidupan  dengan melalui membaca buku sumber dan berdiskusi untuk membentuk karakter gemar membaca dan bersahabat.
  3. Menjelaskan manfaat hutan bagi kehidupan manusia untuk menumbuhkan rasa peduli lingkungan.
  4. Menjelaskan manfaat sungai bagi kehidupan manusia dengan melalui pengamatan sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu bagi siswa.
  5.  Menjelaskan manfaat paru paru kota bagi masyarakat dengan cara melalui wawancara dengan masyarakat dengan bersahabat dan komunikatif.
  6. Menyebutkan bentuk bentuk kerusakan lingkungan hidup melalui pengamatan di sekitar lingkungan sekolah/rumah dengan jujur untuk menumbuhkan sikap peduli sosial dan peduli lingkungan sekitar.
  7. Menjelaskan faktor faktor penyebab  kerusakan lingkungan hidup dengan melalui membaca buku sumber dan berdiskusi untuk membentuk karakter gemar membaca dan komunikatif.
  8. Menyebutkan tiga (3) kerusakan lingkungan alam yang disebabkan oleh alam melalui pengamatan sehingga muncul rasa tanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan.
  9. Menyebutkan empat (4) kerusakan lingkungan alam yang disebabkan oleh manusia dengan melalui pengamatan dan membaca buku sumber sehingga untuk membentuk karakter gemar membaca dan bersahabat.
  10. Mengidentifikasi  akibat dari kerusakan lingkungan alam oleh manusia dengan melalui pengamatan dan membaca buku sumber untuk membentuk karakter peduli lingkungan, peduli sosial, dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan.
  11. Mengidentifikasi contoh contoh usaha pelestarian lingkungan hidup didaerah perkotaan melalui pengamatan dan membaca buku sumber dan berdiskusi, tumbuh karakter kerjasama, tumbuh rasa ingin tahu, peduli terhadap lingkungan dan bertanggung jawab melestarikannya.
  12. Mengidentifikasi contoh contoh usaha  pelestarian lingkungan hidup didaerah aliran Sungai melalui membaca buku sumber dan berdiskusi, tumbuh karakter kerjasama, tumbuh rasa ingin tahu, peduli terhadap lingkungan dan bertanggung jawab melestarikannya.
  13. Mengidentifikasi  contoh contoh usaha pelestarian lingkungan hidup didaerah Tepi pantai dengan melalui membaca buku sumber tumbuh karakter kerjasama, tumbuh rasa ingin tahu, peduli terhadap lingkungan dan bertanggung jawab melestarikannya.
14.  Menjelaskan hakekat pembangunan berkelanjutan melalui diskusi kelompok secara  komunikatif dan penuh tanggung jawab
15.  Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan melalui diskusi kelompok secara komunikatif dan penuh tanggung jawab
16.  Mengidentifikasi hasil-hasil pembangunan melalui pengamatan di lapangan sehingga menumbuhkan karakter kerja keras, menghargai prestasi dan cinta tanah air.



B. Materi Pelajaran
  1. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan mahkluk hidup, termasuk manusia da prilakunya, yang mempengaruhi perikehidupan dan kesejahteran manusia serta makhluk hidup lain ( UULH no.23 Tahun 1997). Komponen lingkungan hidup berhimpun dalam satu wadah yang disebut ruang. Tekanan terhadap sumber daya alam dan lingkungan semkin berat akibat kebutuhan yang semakin meningkat, dan pertumbuhan penduduk yang cukup besar.
  2. Unsur-unsur lingkungan hidup terdiri : (1) unsure fisik/ abiatik adalah segala sesuatu yang ada sekitar kita yang berwujud benda mati seperti tanah, air, udara, gunung, bukit, dan lembah ; (2) unsure biologis/ biotic adalah segala sesuatu di sekitar kita yang berupa mahkluk hidup ( manusia, binatang, dan tumbuhan; dan (3) unsure budaya adalah hasil pikiran dan akal budi manusia ( gedung, jalan, kendaraan, indistri, dll )
  3. Arti penting lingkungan hidup segala isinya /potensinya bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lain antara lain ; penghasil bahan pangan, sumber bahan tambang dan sumber mineral, penghasil bahan baku/ bahan mentah, kegiatan social, area pemukiman/ tempat tinggal, sumber tenaga untuk sarana prasaran transportasi ( air, udara, dan darat ), taman nasional, dan media ekosistem bagi kelangsungan hidup.
  4. Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya : (1) kerusakan yang terjadi secara alami ( gunung meletus, gempa bumi, gelombang tsunami, banjir, tanah longsor dan kemarau panjang ) ; (2) kerusakan akibat prilaku manusia ( kerusakan udara ; asap buangan industri, kendaraan bermotor, hasil pembakaran sampah, gas Freon,  kerusakan tanah ; lading berpnidah, sampah plastic, limbah industri, penebangan liar dan kerusakan di perairan ; pencemaran air sungai, meresapnya unsure kimia, dan penyerapan air laut dalam laipsan tanah.
  5. Usaha pelestarian lingkungan hidup dapat dilakukan oleh masyarakat dan oleh masyarakat bersama pemerintah. Pelestarian udara dapat dilakukan melalui ; mewajibkan uji emisi gas kendaraan bermotor, mengadakan taman kota, mentepakan UU tentang pencemaran udara Pelestarian  tanah dapat dilakukan melalui ; pemupukan kompos, pengaturan system irigasi, pelaksanaan pola tanam, tidak menebangi pohon secara sembarangan, melakukan reboisasi, memasyarakatkan intensifikasi pertanian, dan menghindarkan pencemaran tanah dari bahan kimia. Pelestarian  air dapat dilakukan melalui ; mencegah pencemaran , membangun waduk, bendungan dan sungai, membersihkan sungai dari sampah, menerapkan daerah resapan, dan  mewajibkan semua industri memiliki alat pengolah limbah. Pelestarian flora dan fauna dapat dilakukan melalui ; mempertahankan cagar alam dan suaka margasatwa, larangan perburuan hewan langka, dan membudayakn sikap menyayangi hewan dan tanaman langka. Pelestarian laut dan pantai dapat dilakukan melalui; mencegah tumpahnya minyak, larangan membuang limbah ke laut, membudidayakan hutan bakau, dan larang penggunaan bahan peledak.
  6. Pembangunan adalah suatu proses menuju perbaikan. Hakekat pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan lestari yang didasrkan pada pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup, artinya upaya sadar dan terencana yang memadukan lingkungan hidup, termasuk sumber daya, ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan masa datang.
  7. Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan adalah ; pembangunan dilaksanakan berdasarkan nilai-nilai dan moral , pembangunan memperhatikan lingkungan fisik dan lingkngan social, pembangunan memperhatikan produksi nasional , pembangunan dapat meningkatkan pendapatan per kapita, pembangunan selalu berinovasi, pembangunan dapat memperluan lapangan kerja, pembengunan dilakukan dalam rangka pemertaan pendapatan, pembangunan dilakukan melalui uasaha yang tersu-menerus, dan pembangunan harus mampu membinan lembaga ekonomi masyarakat.
  8. Penerapan pembangunan berkelanjutan dapat dilakukan dengan bertumpu tiga pilar; ekonomi. Lingkungan hidup, dan sosial.

C. Metode pembelajaran
1.      Ceramah
2.      tanya jawab
3.      Diskusi kelompok
4.      observasi
5.      pemberian tugas

D. langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi
Waktu
1
Kegiatan pendahuluan :
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas (peduli lingkungan)
*     Berdoa sebelum Belajar (religius)
*     Absensi siswa (disiplin)
*     Apersepsi : menanyakan kepada siswa sejauh mana pemahaman siswa terhadap lingkungan hidup dan arti pentingnya bagi kehidupan kita ? menggali rasa ingin tahu secara komunikatif.
*     Motivasi : mengajukan pertanyaan tentang apa yang dapat menyebabkan manusia bisa bertahan hidup sampai sekarang ? (secara komunikatif.)
*     Menjelaskan tujuan pembelajaran (komunikatif, jujur) 
10’
Kegiatan inti : eksplorasi dan elaborasi
·       Guru menjelaskan tentang arti lingkungan hidup untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, peduli sosial dan peduli lingkungan.
·       Siswa dalam kelompok kecil dengan anggota 1-5 orang untuk melakukan diskusi tentang pentingnya lingkungan hidup bagi kehidupan manusia untuk membentuk karakter gemar membaca, bersahabat/komunikati dan tanggung jawab.
·       Masing-masing kelompok persentasi dan kelompok lain menanggapinya secara komunikatif

konfirmasi
*     Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi dan diberi kesempatan untuk mencatat dengan komunikatif dan penuh tanggung jawab
*     Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya sehingga siswa menjadi pribadi yang komunikatif dan mandiri.
*     Guru memberikan penilaian dengan jujur dan adil.
65’
Kegiatan akhir :
*     Refleksi dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas, siswa menjawab dengan penuh tanggung jawab mandiri.
*     Melakukan kuis dengan  kreatif dan  menghargai prestasi.
5’
2
Kegiatan pendahuluan :
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas (peduli lingkungan)
*     Berdoa sebelum Belajar (religius)
*     Absensi siswa (disiplin)
*     Apersepsi : menanyakan kembali arti penting lingkungan hidup bagi kehidupan kita ?
*     Motivasi : memperlihatkan/ mengingatkan bencana alam yang pernah kita alami akhir-akhir ini. (membentuk karakter peduli sosial dan cinta tanah air)
*     Menjelaskan tujuan pembelajaran. (komunikatif, jujur)
5’
Kegiatan inti : eksplorasi dan elaborasi
*      Siswa dalam kelompok kecil mendiskusikan materi tentang : bentuk-bentuk kerusakan, faktor penyebabnya, dan usaha pelestariannya untuk menumbuhkan sikap peduli sosial, peduli lingkungan sekitar dengan penuh rasa tanggung jawab.
*     Masing-masing kelompok persentasi hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya secara komunikatif dan penuh tanggung jawab.
konfirmasi
*     Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mencatatnya dengan  komunikatif dan penuh tanggung jawab
*     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga muncul pribadi yang komunikatif dan mandiri.
*     Guru memberi penilaian hasil diskusi dengan jujur, adil dan menghargai prestasi siswa.


70’
Kegiatan akhir :
*     Refleksi dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas penuh tanggung jawabdan mandiri.
*     Melakukan kuis dengan  kreatif dan  menghargai prestasi.
5’
3
Kegiatan pendahuluan :
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas (peduli lingkungan)
*     Berdoa sebelum Belajar (religius)
*     Absensi siswa (disiplin)
*     Apersepsi : menanyakan materi tentang usaha pelestarian tanah untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa.
*     Motivasi : menanyakan apa pembangunan yang dilaksanakan di daerah masing-masing ? apakah pembangunan itu bermanfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar ? ( menumbuhkan rasa ingin tahu dan peduli sosial)
*     Menjelaskan tujuan pembelajaran (komunikatif, jujur) 
5’
Kegiatan inti : eksplorasi dan elaborasi
*    Siswa dalam kelompok kecil mendiskusikan materi tentang: hakekat pembangunan berkelanjutan dan cirri-cirinya secara komunikatif dan penuh tanggung jawab
*    Masing-masing kelompok persentasi hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya komunikatif dan penuh tanggung jawab

konfirmasi
*     Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mencatatnya komunikatif dan penuh tanggung jawab
*     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga muncul pribadi yang komunikatif dan mandiri.
*     Guru memberi penilaian hasil diskusi dengan jujur, adil dan menghargai prestasi siswa.

65’
Kegiatan akhir :
*     Refleksi dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas dengan  kreatif dan  menghargai prestasi
*     Melakukan kuis  dengan  kreatif dan  menghargai prestasi
*     Memberi tugas rumah untuk observasi hasil pembangunan secara berkelanjutan secara kelompok dan membuata laporan secara tertulis dengan penuh tanggung jawab dan kreatif.
10’
4
Kegiatan pendahuluan :
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas (peduli lingkungan)
*     Berdoa sebelum Belajar (religius)
*     Absensi siswa (disiplin)

*     Memeriksa hasil observasi siswa dengan teliti
*     Motivasi : menanyakan kebenaran ilmu dengan kenyataan di lapangan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
*     Menjelaskan tujuan pembelajaran (komunikatif, jujur) 
5’
Kegiatan inti : eksplorasi dan elaborasi
*     Siswa dalam kelompok kecil mendiskusikan materi tentang penerapan pembangunan berkelanjutan dari hasil observasi, agar memiliki rasa tanggung jawab dan cinta tanah air.
*     Masing-masing kelompok persentasi hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya,sehingga guru bias melatih siswa utk menghargai pendapat orang lain
konfirmasi
*     Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi dan memberi kesempatankepada siswa untuk mencatatnya komunikatif dan penuh tanggung jawab
*     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga muncul pribadi yang komunikatif dan mandiri
*     Guru memberi penilaian hasil diskusi dengan jujur, adil dan menghargai prestasi siswa.
70’
Kegiatan akhir :
*     Refleksi dengan menanyakan kembali materi yang telah dibahas dengan  kreatif dan  menghargai prestasi
5’





E. Sumber dan Media pembelajaran

1. Gambar- gambar lingkungan hidup
2. lembar kerja diskusi
3. Buku IPS Geografi, karangan P.Ginting,dkk  dari penerbit Erlangga hal 83-106
4. Buku IPS Terpadu, karangan Tim Abdi Guru dari penerbit Erlangga hal 73-101

F. Penilaian

1. Tehnik Penilaian : tes lisan, tertulis, dan pemberian tugas
2. Bentuk Penilaian : pertanyaan lisan , uraian, produk,  dan unjuk kerja
3. Rubrik penilaian :

a. Diskusi

Kelompok
Nama anggota kelompok
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Keaktifan
0-25
Kerjasama
0-25
Sikap
0-25
Penguasaan
Materi
0-25





















b. Tugas

No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Ketepatan waktu
0-50
Analisis data
0-50


















  1. Instrumen

Indicator
Instrument
Kunci jawaban

Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)

 Sebutkan 3 unsur lingkungan  hidup !

Unsur-unsur lingkungan hidup terdiri : (1) unsure fisik/ abiatik adalah segala sesuatu yang ada sekitar kita yang berwujud benda mati seperti tanah, air, udara, gunung, bukit, dan lembah ; (2) unsure biologis/ biotic adalah segala sesuatu di sekitar kita yang berupa mahkluk hidup ( manusia, binatang, dan tumbuhan; dan (3) unsure budaya adalah hasil pikiran dan akal budi manusia ( gedung, jalan, kendaraan, indistri, dll )
Skor 0-3

Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
Jelaskan arti penting lingkungan hidup bagi kehidupan ?
Arti penting lingkungan hidup segala isinya /potensinya bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lain antara lain ; penghasil bahan pangan, sumber bahan tambang dan sumber mineral, penghasil bahan baku/ bahan mentah, kegiatan social, area pemukiman/ tempat tinggal, sumber tenaga untuk sarana prasaran transportasi ( air, udara, dan darat ), taman nasional, dan media ekosistem bagi kelangsungan hidup.

Skor 0-4

Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.

Buatlah kliping berupa gambar atau berita dari media cetak masing-masing 5 buah tentang keruskan lingkungan alam yang disebabkan oleh: alam dan manusia.

Rubrik penilaian
Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.


 Berilah 3 contoh usaha untuk melestarikan lingkungan hidup di daerahmu !

Pelestarian udara dapat dilakukan melalui ; mewajibkan uji emisi gas kendaraan bermotor, mengadakan taman kota. Pelestarian  tanah dapat dilakukan melalui ; pemupukan kompos, pengaturan system irigasi, pelaksanaan pola tanam, tidak menebangi pohon secara sembarangan, melakukan reboisasi, dan menghindarkan pencemaran tanah dari bahan kimia. Pelestarian  air dapat dilakukan melalui ; mencegah pencemaran, membersihkan sungai dari sampah

Skor 0-6
Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan.


Jelaskan yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan.


 Hakekat pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan lestari yang didasrkan pada pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup, artinya upaya sadar dan terencana yang memadukan lingkungan hidup, termasuk sumber daya, ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan masa datang
Skor 0-2
Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.


Sebutkan 5 ciri pembangunan berkelanjutan.



Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan adalah ; pembangunan dilaksanakan berdasarkan nilai-nilai dan moral , pembangunan memperhatikan lingkungan fisik dan lingkngan social, pembangunan memperhatikan produksi nasional , pembangunan dapat meningkatkan pendapatan per kapita, pembangunan selalu berinovasi, pembangunan dapat memperluan lapangan kerja, pembengunan dilakukan dalam rangka pemertaan pendapatan, pembangunan dilakukan melalui uasaha yang tersu-menerus, dan pembangunan harus mampu membinan lembaga ekonomi masyarakat.

Skor 0-5

Mengidentifikasi penerapan pembangunan berkelanjutan
Amatilah wilayah sekitar kamu dan buatlah laporan tentang penerapan pembangunan berkelanjutan tersebut !

Rubric penilaian

Pedoman Penilaian = Skor Essay / 2 x 10



                                                                                                          Cimahi,   Juli 2010
                                                                                                          Guru Mata Pelajaran




                                                                                                          Yudi Yudiarputra,S.Pd
                                                                                                          NIP. 197105292006041004

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                
Sekolah                                   :   MTS NURUL FALAH CIMAHI
Mata Pelajaran                        :   Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester                      :   VIII  /  1 (satu)
            Standar Kompetensi           :  1.Memahami Permasalahan Sosial Berkaitan dengan Pertumbuhan Jumlah Penduduk.
Kompetensi Dasar                   :   1.4. Mendeskripsikan Permasalahan Kependudukan dan Dampaknya terhadap Pembangunan.                                       
            Indikator                                 :
·            Menjelaskan permasalahan  penduduk
        ( kualitas dan kuantitas )
·            Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
            Alokasi Waktu                        :  4 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A.TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, peserta didik mampu :
1.     Mengidentifikasi permasalahan kependudukan secara kreatif  seperti membaca  buku sumber, koran dan pengamatan gambar
2.     Menjelaskan pengertian kuantitas penduduk untuk melatih menghargai pendapat orang lain
3.     Menjelaskan pengertian kualitas penduduk untuk menerapkan rasa tanggung jawab dan semangat kebangsaan
4.     Menjelaskan usaha-usaha pemerintah untuk mengatasi permasalahan kuantitas penduduk secara komunikatif
5.     Menjelaskan usaha-usaha pemerintah untuk mengatasi permasalahan kualitas penduduk secara komunikatif
6.     Mengidentifikasi permasalahan utama tentang kualitas penduduk  untuk menjawab rasa ingin tahu
7.     Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan melalui kegiatan kreatif untuk memiliki rasa peduli sosial

A.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Permasalahan penduduk Indonesia antara lain : kuantitas, kualitas dan tidak   meratanya sebaran jumlah penduduk di seluruh wilayah Indonesia
2.      Dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan antara lain : keterbatasna lapangan kerja, kerusakan lingkungan, pemukiman liar atau kumuh di kantong pemukiman liar, kesempatan memperoleh pendidikan, terbatasnya perumahan, kemiskinan, kesehatan penduduk yang rendah, dan pengangguran bertambah.
3.      Upaya yang dilakukan mengatasi permasalahan penduduk di Indonesia antara lain ; peningkatan ketrampilan tenaga kerja, pengadaan program padat karya, penciptaan iklim usaha yang sehat, pelaksanaan program KB, penyediaan layanan kesehatan, pemberian raskin, penambahan fasilitas kesehatan dan pemberian makanan tambahan bagi balita.

C.  METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Diskusi

D.LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Alokas waktu
1
Kegiatan pendahuluan
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas 
*     Berdoa sebelum Belajar
*     Absensi siswa
*     Apersepsi : Mengungkapkan kembali tentang pertumbuhan penduduk Indonesia yang cukup tinggi dibanding dengan negara lain
*     Motivasi : menampilkan gambar siatuasi perkotaan dan pedesaan
*     Menjelaskan tujuan pembelajaran agar siswa memiliki semangat kebangsaan, kreatifitas dan menghargai pendapat orang lain
5’
Kegiatan inti : eksplorasi dan elaborasi
*     Siswa dibagi dalam kelompok dengan anggota 10 orang untuk mendiskusikan masalah untuk melatih kerjasama dan tanggung jawab :
Kelompok 1  : permasalahan kualitas
Kelompok 2  : permasalahan kuantitas
Kelompok 3: permasalah tidak meratanya penyebaran  penduduk
Kelompok 4 : Usaha- uasah yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan penduduk
*     Setiap kelompok mempresentasikan hasil disusi dan kelompok lain menanggapinya yang dilandasi dengan  rasa ingin tahu
konfirmasi
*     Guru bersama siswa membuat kesimpulan dan memberi kesempatan siswa untuk mencatatnya
*     Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk bertanya materi yang kurang jelas
*     Guru memberikan penilaian hasil diskusi dengan melatih menghargai pendapat orang lain
70’
Kegiatan akhir :
*     Refleksi dengan merenungkan kembali kompleksnya permasalahan penduduk Indonesia secara komunikatif
*     Guru memberikan kuis secara lisan
5’
2
Kegiatan pendahuluan :
*     Memeriksa kebersihan ruangan kelas
*     Berdoa sebelum Belajar
*     Absensi siswa
*     Apersepsi : menanyakan kembali tentang permasalahan penduduk Indonesia
*     Motivasi : menampilkan perkampungan kumpuh di perkotaan
*     Menjelaskan tujuan pembelajaran
5’
Kegiatan inti : eksplorasi dan elaborasi
*     Siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan tentang : dampak yang diakibatkan dari permasalahan penduduk dan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya dan sehingga memiliki kepedulian social dan tanggung jawab:
*     Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya
*     Guru bersama siswa membuat kesimpulan dan kelompok lain menanggapinya
konfirmasi
*     Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas
*     Guru memberikan penilaian
70’
Kegiatan akhir :
*     Refleksi dengan merenungkan usaha pemerintah untuk mengatasi permasalahan penduduk Indonesia.secara komunikatif
*     Guru memberikan kuis secara lisan
5’

E.SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Gambar situasi kota dan desa
2.      Lembar kerja diskusi
3.      Buku IPS Geografi, karangan P.Ginting,dkk  dari penerbit Erlangga hal 113-135
4.      Buku IPS Terpadu, karangan Tim Abdi Guru dari penerbit Erlangga hal 59

F. PENILAIAN
1. Tehnik Penilaian : tes lisan, dan tertulis
2. Bentuk Penilaian : pertanyaan lisan , uraian,  dan unjuk kerja

3. Rubrik penilaian diskusi :

NO
NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI
JUMLAH
SKOR
NILAI
AKHIR
1
2
3
4
5




























Kreteria Aspek yang dinilai :
1.      Kemampuan menyampaikan gagasan                               skor 0-20
2.      Sikap dalam berbicara                                                       skor 0-20
3.      Bahasa baku dalam penyampaian                                     skor 0-20
4.      Kedalaman dan keluasan materi                                       skor 0-20
5.      Kemampuan dalam mempertahankan pendapat               skor 0-20

4. Instrumen
Indikator
Instrument
Kunci jawaban

Menjelaskan permasalahan  penduduk (kuantitas, kualitas dan penyebaran).

Sebutkan tiga permasalahan utama bidang kependudukan di Indonesia.


Permasalahan penduduk Indonesia antara lain : kuantitas, kualitas dan tidak   meratanya sebaran jumlah penduduk di seluruh wilayah Indonesia
Skor 0-3
Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.


Jelaskan dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan !

Dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan antara lain : keterbatasna lapangan kerja, kerusakan lingkungan, pemukiman liar atau kumuh di kantong pemukiman liar, kesempatan memperoleh pendidikan, terbatasnya perumahan, kemiskinan, kesehatan penduduk yang rendah, dan pengangguran bertambah.
Skor  0-4
Jelaskan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalah penduduk Indonesia !
Upaya yang dilakukan mengatasi permasalahan penduduk di Indonesia antara lain ; peningkatan ketrampilan tenaga kerja, pengadaan program padat karya, penciptaan iklim usaha yang sehat, pelaksanaan program KB, penyediaan layanan kesehatan, pemberian raskin, penambahan fasilitas kesehatan dan pemberian makanan tambahan bagi balita
Skor 0-3

Pedoman penilaian : skor essay x 10

                                   Cimahi,   Juli 2010
                                                                                                           Guru Mata Pelajaran


                                                                                                          Yudi Yudiarputra,S.Pd
                                                                                                          NIP. 197105292006041004

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda